Pernahkah Anda perhatikan betapa nyenyak tidur Anda? Apa Anda pernah membayangkan bahwa tidur dan ingatan kita mungkin terkait dan bagaimana tidur dapat meningkatkan ingatan?

Karena jika belum, sebaiknya Anda mulai memikirkannya – dan Anda akan terkejut bagaimana tidur dapat meningkatkan ingatan. 4557845

Yang kami ketahui adalah bahwa terdapat korelasi antara tidur dan ingatan, serta bahwa tidur dapat membantu meningkatkan ingatan – baik ingatan deklaratif atau prosedural. Malah, tidur sangat penting untuk membuat ingatan.

Bagaimana Tidur dan Ingatan Bekerja Bersama

Tidur meningkatkan ingatan bukan satu-satunya kaitan antara tidur dan ingatan. Anda perlu tidur tidak hanya untuk meningkatkan ingatan saja, tetapi juga untuk membuat ingatan tersebut.

Ketika Anda lelah dan kurang tidur, Anda tidak sefokus biasanya. Ini artinya Anda akan lebih mungkin melupakan tempat Anda meletakkan kunci – dan hal itu dapat membuat Anda merasa punya masalah ingatan.

Selain itu, saat merasa lelah dan tidak fokus Anda akan lebih sulit untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Informasi baru tidak masuk sepenuhnya ke dalam ingatan jangka pendek Anda, sehingga ingatan tersebut tidak akan pernah masuk dalam ingatan jangka panjang – khususnya bila Anda kekurangan tidur.  Dan ini akan membuat Anda memiliki masalah ingatan.

Memang sebenarnya kurang tidur satu atau dua hari tidak terlalu mengganggu ingatan Anda. Namun jika Anda hanya memiliki waktu tidur enam jam atau kurang setiap harinya secara teratur, maka kekurangan tidur akan mempengaruhi ingatan Anda.

Berita baiknya bahwa tidur dapat meningkatkan ingatan Anda. Belum terlambat untuk menanggulanginya. 43634533

Sebelum Anda mencemaskan terlalu jauh tentang tidur dan ingatan, pastikan Anda cukup banyak tidur pada malam hari untuk meningkatkan ingatan Anda!

Bagaimanapun, tidur adalah komponen kunci untuk membuat – dan menjaga – ingatan terbaik Anda.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR